fbpx

Tips Cara Gampang Riset Kompetitor

Tips Cara Gampang Riset Kompetitor

Hai, teman-teman! Pernah kepikiran gak, bagaimana sih caranya tahu apa yang dilakukan kompetitor kita? Nah, di artikel ini kita akan bahas cara-cara simpel riset kompetitor, yang bakal bikin bisnismu makin cerdas dan siap bersaing. Yuk, kita kupas step-by-step dengan bahasa yang gampang dimengerti, tapi tetap SEO friendly. Ready?

1. Pahami Produk dan Pasar Kamu dengan Detail

Sebelum riset kompetitor, pastikan kamu benar-benar paham produk yang kamu jual dan target pasarmu. Apa yang bikin produkmu unik? Siapa yang jadi target utamanya?


Contoh: Kamu jualan aksesoris fashion unik untuk remaja. Pastiin kamu tahu segmen usia, gaya, dan preferensi pasar remaja.

2. Identifikasi Kompetitor Utama Kamu

Siapa aja sih yang jadi pesaing utama bisnismu? Cari tahu siapa saja yang jual produk serupa atau mirip di pasar yang sama.


Contoh: Jika kamu jualan produk skincare organik, kompetitormu bisa jadi merek skincare lain yang juga fokus pada bahan-bahan alami.

3. Cek Situs Web dan Media Sosial Mereka

Ini trik gampang. Cek website dan akun media sosial kompetitor. Apa saja produk yang mereka tawarkan? Bagaimana mereka promosi dan berinteraksi dengan pelanggan?


Contoh: Kompetitormu mungkin sering memposting tips perawatan kulit di Instagram dan memberikan promo diskon di situs web.

4. Amati Review dan Umpan Balik Pelanggan

Baca review dan komentar dari pelanggan mereka. Apa yang disukai atau kurang disukai pelanggan tentang produk dan layanan kompetitor?


Contoh: Banyak pelanggan kompetitor mengomentari bahwa produknya wangi dan tahan lama, tapi ada yang merasa harganya agak mahal.

5. Bandingkan Harga dan Penawaran Produk

Cek harga produk kompetitor dan bandingkan dengan produkmu. Apakah mereka menawarkan produk tambahan, diskon, atau keuntungan lainnya?


Contoh: Kompetitor menjual set skincare dengan harga lebih rendah daripada produkmu, dan mereka juga tawarkan gratis ongkir.

6. Pantau Kampanye Promosi dan Iklan Mereka

Riset kampanye promosi dan iklan kompetitor. Apa saja pesan utama yang mereka sampaikan? Di mana mereka mempromosikan produk?


Contoh: Kompetitor sering memasang iklan di media sosial dan mengedepankan keunikan produk alami mereka.

7. Ikuti Mereka di Media Sosial dan Berlangganan Newsletter

Jadi mata-mata online. Ikuti akun media sosial kompetitor dan berlangganan newsletter mereka. Kamu bisa tahu update produk dan strategi mereka.


Contoh: Kamu jualan pakaian, ikuti akun Instagram kompetitor untuk lihat model dan tren terbaru yang mereka tampilkan.

8. Buat Daftar Poin Kuat dan Lemah Mereka

Setelah riset, catat poin-poin apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan kompetitormu. Ini bisa jadi panduan buat kamu meningkatkan produk dan promosimu.


Contoh: Kompetitor memiliki kualitas bahan alami yang kuat, tapi kurang memberi informasi detail di website mereka.


Kesimpulan: Bersiap Menjadi Lebih Unggul


Dengan riset kompetitor, kamu bisa lebih siap menghadapi persaingan pasar. Tapi, jangan sekadar meniru ya, tapi gunakan informasi ini untuk memperbaiki produk dan strategimu sendiri. Semoga artikel ini membantu dan sukses dalam bisnismu!

Kategori :

Marketing Optimization
Share This :

Udah gak sabar pengen ngerasain manfaat dari produk kami untuk pertumbuhan bisnis dan skill Anda?

Skill Growth With US

Kunjungi Juga Social Media Resmi Kami di :

Copyright © 2023 Up Your Skill. All Rights Reserved.

Home

Belajar Gratis

Produk Kami