fbpx

Menemukan Platform Jualan yang Tepat untuk Produk dan Pasar Sasaranmu

Menemukan Platform Jualan yang Tepat untuk Produk dan Pasar Sasaranmu

Hai, teman-teman! Yuk, kita bahas lagi nih soal cara pilih platform jualan yang cocok. Jadi, kamu nggak bingung lagi deh nentuin tempat yang pas buat jualan produkmu. Ayo, kita kupas satu per satu dengan gaya santai tapi informatif!

1. Kenali Produk dan Pasarmu dengan Lebih Dalam

Mulai dari sini, deh. Apa sih yang kamu jual? Barang atau jasa? Mungkin kamu jualan tas handmade yang unik. Terus, siapa yang bakal beli produkmu? Apakah kamu punya target pasar, misalnya remaja trendi atau pekerja kantoran yang butuh tas keren?


Contoh: Bayangkan kamu jualan kue-kue spesial untuk pesta. Pasarnya bisa jadi calon pengantin, ibu-ibu yang suka pesta, atau orang yang sering ada acara spesial.

2. Amati Dimana Pasarmu Berada

Nah, setelah tahu target pasarmu, coba amati deh di platform apa mereka biasanya nongkrong. Apakah mereka lebih aktif di Instagram, Facebook, atau Pinterest? Atau mungkin mereka suka belanja di Tokopedia atau Bukalapak?


Contoh: Kalau target pasar kamu banyak yang suka gaya hidup sehat, mereka mungkin lebih sering di Instagram, Pinterest, atau grup Facebook tentang makanan sehat.

3. Pilih Platform yang Bisa Menampilkan Produk dengan Baik

Ingat, penampilan itu penting! Cari platform yang punya tampilan menarik dan bisa menampilkan produkmu dengan jelas. Platform yang cocok harus memudahkan kamu menambah foto produk, deskripsi, dan detail lainnya.


Contoh: Jika kamu jualan barang fashion, pastikan platform yang kamu pilih punya tampilan visual yang menarik, seperti Instagram atau Pinterest.

4. Perhatikan Fitur Interaksi dengan Pelanggan

Kamu mau bisa berhubungan dengan pelanggan dengan lancar, kan? Pilih platform yang punya fitur chat atau pesan langsung. Kamu juga bisa pertimbangkan platform yang memungkinkan kamu berikan respons cepat kepada pertanyaan pelanggan.


Contoh: Jika kamu jualan jasa konsultasi, platform dengan fitur chat seperti WhatsApp atau platform online yang punya fitur pesan langsung bisa sangat membantu.

5. Pertimbangkan Biaya dan Persyaratan Platform

Setiap platform punya biaya dan syaratnya masing-masing. Jangan lupa cek berapa komisi yang harus kamu bayar, serta biaya lain seperti iklan atau fitur premium. Pastikan biaya tersebut masih masuk akal dengan potensi keuntunganmu.


Contoh: Kalau kamu jualan barang-barang mahal dan berkelas, platform yang menawarkan fitur premium dengan biaya lebih tinggi mungkin cocok untukmu.

6. Evaluasi Kebutuhan Ekstra

Terkadang, kamu butuh fitur tambahan, seperti dukungan untuk toko yang besar, integrasi dengan sistem lain, atau pelacakan inventori. Pastikan platform yang kamu pilih bisa memenuhi kebutuhan ekstra tersebut.

Contoh: Jika kamu punya toko dengan banyak produk, pilihlah platform yang punya fitur manajemen inventori yang baik.

Contoh Kasus Lanjutan: Jualan Baju Anak di Instagram

Kembali ke contoh tadi, kamu jualan baju anak dengan desain unik. Kamu tahu, ibu-ibu muda biasanya sering buka Instagram buat cari inspirasi dan belanja. Nah, ini bisa jadi pilihan yang pas buat kamu. Kamu bisa posting foto-foto baju anak-anakmu dengan hashtag yang relevan. Fitur DM di Instagram juga memudahkan kamu berkomunikasi dengan pelanggan soal ukuran atau pesanan khusus.

Jadi, teman-teman, saat pilih platform jualan, pertimbangkan baik-baik produkmu dan pasarmu. Ingat, platform yang tepat bisa bantu produkmu lebih dilihat dan berhasil terjual. Selamat berjualan online!

Kategori :

Jualan Online
Share This :

Udah gak sabar pengen ngerasain manfaat dari produk kami untuk pertumbuhan bisnis dan skill Anda?

Skill Growth With US

Kunjungi Juga Social Media Resmi Kami di :

Copyright © 2023 Up Your Skill. All Rights Reserved.

Home

Belajar Gratis

Produk Kami