fbpx

Langkah-Langkah Tepat untuk menentukan target market untuk Produkmu

Langkah-Langkah Tepat untuk menentukan target market untuk Produkmu

Hai, teman-teman! Hari ini kita mau ngobrolin soal yang penting banget buat jualan online, yaitu meriset pasar sasaran. Nggak perlu pusing-pusing, kita akan bahas caranya dengan bahasa yang gampang dimengerti. Yuk, kita mulai!

1. Kenali Produkmu dengan Baik

Sebelum kita cari tahu siapa yang mau kita jualan, kita harus tahu dulu produk kita itu seperti apa. Ini nggak harus detail banget, tapi cukuplah kalau kita tahu produk kita itu untuk siapa dan gunainya apa. Misalnya, produk kita adalah baju rajut untuk bayi yang lucu-lucu.

2. Cari Tahu Kelebihan Produkmu

Setiap produk pasti punya kelebihan sendiri. Nah, kita harus tahu apa aja kelebihan produk kita ini. Mungkin baju rajut kita ini punya desain unik, atau bahannya yang lembut banget buat si bayi. Ini bakal bantu kita nentuin siapa yang bakal tertarik sama produk kita.

3. Lihat Siapa yang Membutuhkan Produkmu

Sekarang, pikirin deh siapa aja yang butuh atau bisa manfaatin produk kita. Dari situ, kita bisa punya gambaran siapa yang jadi target pasar kita. Misalnya, ibu-ibu muda yang punya bayi baru lahir pasti nyari baju rajut yang lembut dan enak buat si kecil.

4. Buat Profil Pelanggan Ideal

Nah, kita bikin bayangan pelanggan yang paling ideal buat produk kita. Kita bisa kasih nama, contohnya Ibu Rani. Ibu Rani ini suka banget beli baju lucu buat bayinya. Dia juga suka belanja online karena praktis. Jadi, kita jadi lebih tahu siapa yang mau kita ajak ngobrol soal produk kita.

5. Lihat Pesaing di Pasar

Cek juga dong siapa aja yang jualan produk serupa. Kita gak mau nyontek, tapi ini bantu kita lihat siapa yang beli produk mereka dan bisa jadi calon pelanggan kita juga. Jadi, kita bisa lihat apa yang membuat produk kita beda dan lebih menarik.

6. Gunakan Media Sosial dan Survey

Sekarang media sosial bisa jadi temen banget buat meriset. Kamu bisa cek apa yang lagi hits atau apa yang lagi dibicarain orang. Kamu juga bisa bikin survei kecil-kecilan buat temen-temen atau keluarga. Nanya mereka suka produk seperti apa. Hasilnya bisa jadi bahan pertimbangan.

7. Pelajari Data Pasar

Nggak perlu jadi ahli ekonomi, tapi kita bisa lihat data pasar sederhana dari internet. Misalnya, data statistik berapa banyak bayi yang lahir tiap tahun, atau berapa banyak ibu-ibu yang aktif di grup parenting online. Ini bisa kasih gambaran besar soal pasar kita.


Jadi, teman-teman, meriset pasar sasaran itu gampang banget kok. Kita lihat produk kita, cari siapa yang butuh, dan bikin gambaran pelanggan kita. Dari situ, kita bisa lebih pinter dalam berjualan online. Semangat ya!

Kategori :

Jualan Online
Share This :

Udah gak sabar pengen ngerasain manfaat dari produk kami untuk pertumbuhan bisnis dan skill Anda?

Skill Growth With US

Kunjungi Juga Social Media Resmi Kami di :

Copyright © 2023 Up Your Skill. All Rights Reserved.

Home

Belajar Gratis

Produk Kami