fbpx

Tips Mudah Meriset dan Memilih Produk yang Akan Dijual Online

Tips Mudah Meriset dan Memilih Produk yang Akan Dijual Online

Hai teman-teman! Ada yang berpikir untuk mulai berjualan online? Wah, itu ide bagus banget! Tapi tahu gak sih, salah satu langkah penting sebelum mulai berjualan adalah meriset dan memilih produk yang akan kamu jual. Nah, kita akan bahas bareng-bareng nih, caranya yang gak ribet!

1. Pahami Minat dan Keahlianmu

Pertama-tama, kita mulai dari diri sendiri. Apa sih yang kamu suka dan kamu paham betul? Mungkin kamu punya hobi membuat kerajinan tangan, suka masak, atau tahu banget tentang makeup. Nah, ini bisa jadi awal yang baik. Produk yang kamu jual sebaiknya sesuai dengan minat dan keahlianmu, biar kamu semangat dan penuh semangat menjualnya.


Contoh: Misalnya, kamu suka banget bikin aksesoris unik. Nah, kamu bisa memilih menjual aksesoris handmade yang kamu buat sendiri.

2. Lihat Trend dan Permintaan Pasar

Coba deh kamu tengok apa yang lagi nge-trend atau lagi banyak dicari orang. Contohnya, jika musim hujan datang, payung atau jas hujan pasti lagi diburu banyak orang. Atau saat liburan tiba, barang-barang travel friendly bisa jadi pilihan bagus. Jadi, intinya, kamu perlu tahu apa yang sedang “in” di pasar.


Contoh: Saat pandemi, banyak orang mencari perlengkapan untuk belajar atau kerja dari rumah. Kamu bisa menjual produk seperti meja lipat portable atau aksesori untuk mempercantik area kerja di rumah.

3. Cari Tahu Persaingan

Nah, sekarang kita cek pesaing di pasar. Ini penting biar kamu bisa bedain produkmu dari yang lain. Coba lihat produk serupa yang sudah ada di pasaran, terus pikirkan apa yang bisa kamu tambahkan atau bagaimana kamu bisa membuat produkmu lebih menonjol.


Contoh: Kalau kamu mau jualan baju anak-anak, lihat dulu jenis dan desain baju anak-anak yang udah ada di pasaran. Misalnya, mungkin kamu bisa menambahkan variasi warna atau model yang unik.

4. Pertimbangkan Harga dan Keuntungan

Kamu pasti mau dapet untung kan? Nah, tapi harga juga harus tetap bersaing. Hitunglah biaya produksi, pengemasan, dan pengiriman, terus tentukan harga yang adil buat kamu dan pembeli. Ingat, jangan terlalu murah sampai kamu gak dapet untung, tapi jangan juga terlalu mahal yang bikin orang enggak tertarik beli.


Contoh: Jika kamu ingin menjual produk makanan, pastikan harga yang kamu tetapkan mencakup biaya bahan baku dan proses pembuatan, serta memberikan keuntungan yang layak.

5. Diversifikasi Produk

5. Diversifikasi Produk
Terakhir, jangan hanya terpaku pada satu jenis produk. Coba pikirkan cara untuk diversifikasi, alias menawarkan beberapa produk yang terkait atau komplementer. Ini bisa menarik pelanggan yang berbeda dan membuat toko onlinemu lebih menarik.


Contoh: Kalau kamu sudah jualan baju anak-anak, bisa juga menambahkan aksesori seperti topi atau sepatu anak-anak yang matching dengan baju-baju yang kamu jual.


Nah, itu tadi tips simpel untuk meriset dan memilih produk yang akan kamu jual online. Ingat, pilihlah produk yang sesuai dengan minat dan keahlianmu, tapi juga tetap melihat peluang di pasar. Semangat berjualan online!

Kategori :

Jualan Online
Share This :

Udah gak sabar pengen ngerasain manfaat dari produk kami untuk pertumbuhan bisnis dan skill Anda?

Skill Growth With US

Kunjungi Juga Social Media Resmi Kami di :

Copyright © 2023 Up Your Skill. All Rights Reserved.

Home

Belajar Gratis

Produk Kami